Contoh Technology Push & Marketing Pull

Contoh Technology push

  1. Teknologi Bluetooth

Teknologi ini ditemukan pada tahun 1994 oleh Erricson teknologi Bluetooth pernah digunakan untuk sarana komunikasi, tetapi sayangnya Bluetooth tidak cocok untuk digunakan sebagai alat komunikasi,selain itu Bluetooth menciptakan gelombang microwave yang berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya teknologi untuk berbagi file sudah ada yaitu infrared. Sekarang justru Bluetooth dapat ditemukan pada berbagai gadget seperti smartphone atau laptop yang digunakan untuk berbagi file, menyambungkan perangkat dan banyak lagi fungsi lainnya yang memanfaatkan gelombang bluetooth.

  1. Teknologi Headset Bluetooth

Sebenarnya teknologi headset sudah ditemukan pada tahun 1910 oleh seorang mahasiswa Universitas Stanford. Awalnya headset hanya digunakan pada radio untuk menerima kualitas suara yang lebih baik. tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, headset banyak kalangan masyarakat untuk media seperti pemutar lagu, radio, dan lain – lain. Di tahun 2000 keluarlah headset Bluetooth di pasaran yang bertujuan meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan telepon seluler. Selain nyaman untuk digunakan, headset Bluetooth juga memberikan rasa aman saat berkendara sambil telepon.

  1. Virtual Oculus Rift

Virtual Oculus Rift merupakan head-mouted display, yaitu merupakan perangkat penampil dengan layar yang memberikan user / pengguna merasakan tampilan dalam bentuk 3D serta memberi kesan area yang lebar sehingga memberikan kesan real pada pengguna. Virtual Oculus Rift ini banyak digunakan untuk mendukung konsol game yang memiliki basis 3D.

Contoh Market Pull

  1. Teknologi Virtual Keyboard (Laser Projection)

Sebenarnya “Keyboard” sudah sering kita dengar dan kita gunakan di keseharian kita. Bahkan keyboard sekarang terus berinovasi mulai dari keyboard dalam bentuk hardware, maupun virtual untuk        memenuhi kenyamanan saat menggunakan Keyboard.Bahkan baru – baru ini mulai kita mulai dikenalkan dengan Laser Projection Keyboard. Teknologi ini sekarang mulai dipasarkan di berbagai negara maju dengan maksud untuk mempermudah dan meningkatkan kenyamanan kita dan kabarnya Fujitsu, salah satu perusahaan IT mengembangkan teknologi ini hanya dengan menggunakan kamera yang ada di tablet.

  1. Teknlogi Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik merupakan inovasi dari kabel serat optik yang digunakan untuk mentransfer data di jaringan internet. Kabel serat optik semakin berkembang memiliki kecepatan transfer yang semakin tinggi. Seperti halnya kabel Fiber Optik yang sekarang ini banyak digunakan pada media internet. Kabel Fiber Optik memiliki          kecepatan yang relatif stabil dan memiliki kecepatan transfer dari 100 Mbps sampai dengan 1000 Mbps.

  1. OS Handphone

Seiring perkembangan zaman, OS handphone mengalami perubahan yang sangat spesifik. Dari Handphone yang hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi, sampai dapat menjalankan berbagai media. OS yang dulu kita kenal yaitu Symbian, merupakan OS yang dikenalkan oleh Nokia. Setelah itu mulai banyak bermunculan OS Handphone yang User Interface nya sudah banyak berubah dan meningkatkan kebutuhan pengguna Handphone seperti IOs, Blackberry, dan yang sekarang sedang trend yaitu Android. Banyak pengguna yang menggunakan Android karena terkesan mudah untuk digunakan.

Tinggalkan komentar